Menurut saya, data adalah
suatu fakta-fakta dari suatu peristiwa. Biasanya data ini masih dalam bentuk
mentah (belum diolah). Data harus diproses terlebih dahulu agar kita dapat
menerima informasi yang ada dalam data tersebut.
Sedangkan informasi adalah
kumpulan data-data yang telah diolah. Sehingga data mentah tadi dapat
menghasilkan suatu informasi yang berguna (informative).
Contohnya data:
Seorang staff finance
melihat sebuah data karyawan dalam bentuk table. Di sana terdapat nama
karyawan, jabatan dan jumlah gaji yang akan diterima karyawan setiap bulannya.
Contoh informasi:
Dalam proses penyelidikan,
seorang polisi menemukan beberapa fakta yang telah dianalisa yang ditemukan di
lapangan tempat terjadinya perkara. Mengenai siapa pelakunya, siapa korbannya
serta orang yang bertanggungjawab atas perbuatan tersebut.
2.
Jelaskan apa yang dimaksud dalam sistem informasi
manajemen dan contohnya!
Sistem
Informasi Manajemen yang sering digunakan dalam mengelola banyak transaksi.
Juga dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Seperti sistem informasi yang
dimasukan suatu input, lalu diproses dengan caranya tersendiri, kemudian
menghasilkan output yang dibutuhkan dalam kegiatan manajamen untuk mencapai
tujuannya.
Contohnya:
ERP (Enterprise Resource
Planning)
Sistem ini digunakan oleh
perusahaan dalam skala besar untuk mengelola sistem manajamennya sekaligus
untuk melakukan pengawasan. Di mana pengawasan ini saling berhubungan dengan
Accounting, SDM, Operasional dan lainnya
SCM (Supply Chain
Management)
Sistem yang memberikan data mengenai manajemen suplai bahan baku. Seperti, pemasok, produsen, pengecer hingga ke konsumen paling akhir.
Sistem yang memberikan data mengenai manajemen suplai bahan baku. Seperti, pemasok, produsen, pengecer hingga ke konsumen paling akhir.
OAS (Office
Automation System)
Sistem yang memberikan kelancaran dan kemudahan dalam berkomunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan. Misal: email.
Sistem yang memberikan kelancaran dan kemudahan dalam berkomunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan. Misal: email.
TPS (Transaction
Processing System)
Sistem yang dapat mengelola data dengan kegiatan rutin dalam jumlah yang besar. Contohnya adalah untuk melancarkan kegiatan manajemen gaji dan inventaris perusahaan.
Sistem yang dapat mengelola data dengan kegiatan rutin dalam jumlah yang besar. Contohnya adalah untuk melancarkan kegiatan manajemen gaji dan inventaris perusahaan.
KWS (Knowledge Work
System)
Sistem yang memberikan satu pengetahun baru ke dalam organisasi. Dengan harapan para pekerja akan lebih mudah menggunakannya dalam kegiatan mereka masing-masing.
Sistem yang memberikan satu pengetahun baru ke dalam organisasi. Dengan harapan para pekerja akan lebih mudah menggunakannya dalam kegiatan mereka masing-masing.
3.
Jelaskan mengapa organisasi publik memerlukan sistem informasi manajemen!
Dengan adanya
SIM di dalam organisasi publik, maka akan memberikan dampak positif salah
satunya adalah proses pengolahan data akan dilakukan secara cepat dan efisien.
Dengan output informasi yang bervariatif. SIM dalam organisasi juga dapat
meminimalisir dan mengecilkan resiko yang akan terjadi. Baik itu resiko yang
telah diperhitungkan akan terjadi maupun resiko di luar control perusahaan.
Maka dari itu,
peran SIM sangat penting di dalam perusahaan. Sistem informasi akan menyimpan
data penting, melakukan proses dan meminimalkan terjadinya resiko human error.
Adanya SIM dapat mengurangi cost perusahaan. Menghemat waktu dalam memproses data bahan baku, jumlah gaji karyawan, pembayaran operasional dan lain-lain.
Adanya SIM dapat mengurangi cost perusahaan. Menghemat waktu dalam memproses data bahan baku, jumlah gaji karyawan, pembayaran operasional dan lain-lain.
Keuntungan yang
akan jelas terjadi dengan adanya SIM di dalam suatu organisasi adalah produksi
barang/jasa akan meningkat dan berkualitas baik. Tentunya hal ini dapat membuat
para pelanggan akan merasakan puas terhadap barang/jasa yang dikeluarkan oleh
perusahaan tersebut.
4.
Bagaimana meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi publik dalam pandangan
teori sistem (khususnya SIM)?
Kemudian, segala perencanaan kegiatan dalam organisasi
harus dilaksanakan sesuai. Semua kegiatan tentunya harus dicatat, disimpan
untuk keperluan evaluasi hasil kegiatan. Setelah itu adalah tahap pengendalian.
Di dalam tahap ini, kegiatan pengendalian/pengawasan terhadap kegiatan harus
dinilai. Apakah berjalan dengan efektif dan efisien atau tidak. Hal tersebut
berguna untuk pengambilan keputusan yang akan dilakukan terkait kegiatan
tersebut.
So, cara meningkatkan meningkatkan efisiensi dan
efektivitas dalam suatu organisasi publik adalah dengan cara harus memiliki
informasi yang jelas tentang manfaat kegiatan yang akan dilakukan. Tentunya
disertai dengan keputusan yang strategis. Sehingga efisiensi dan efektivitas
akan mengalami peningkatan dalam melaksanakan tugas-tugas organisasi.
5.
Jelaskan bagaimana menciptakan sistem informasi manajemen yang efektif agar
sesuai dengan kebutuhan organisasi publik!
Dengan cara menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang suatu kegiatan dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini dapat melancarkan proses dalam pencapaian tujuan organisasi itu sendiri.
Dengan cara menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang suatu kegiatan dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini dapat melancarkan proses dalam pencapaian tujuan organisasi itu sendiri.
Cara
lainnya adalah membentuk tim untuk bekerja sama dalam mewujudkan efektivitas
kegiatan. Hal ini dapat dibangun melalui komunikasi yang baik antar pekerja.
Selain
itu, struktur organisasi di dalam organisasi akan menentukan prosedur dapat
berjalan dengan baik atau tidak.
6. Bagaimana menjamin agar informasi dapat berorientasi pada si pemakai dan berikan contohnya!
Dengan cara
melakukan perencanaan mengenai kegiatan yang akan dilakukan di dalam
organisasi. Dengan menghitung perkiraan biaya dan waktu yang efisien. Jika
rencana kegiatan dapat berjalan dengan baik, maka informasi tersebut telah
berorientasi pada si pemakai yang menggunakan sistem manajemen
7.
Buatlah bagan secara hirarkis kebutuhan sistem informasi manajemen dalam
organisasi. Sertai dengan contohnya!
Komisaris
= Mengawasi kegiatan
yang ada dalam perusahaan
Direktur
Utama =
Mengkoordinasi perencanaan, keuangan serta proyek yang akan dilakukan
Direktur
Perencanaan =
Mengawasi serta merencanakan suatu proyek mulai dari efisiensi biaya hingga
waktu yang akan digunakan agar proyek tersebut selesai
Direktur
Keuangan = Mengontrol
dan menganalisa biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Biaya modal, mengatur
struktur financial dan mengendalikan kekayaan perusahaan
Direktur
Proyek = Mengatur
sumber daya yang akan digunakan untuk proyek tersebut
Staff
Perencanaan =
Membahas pentingnya kegiatan yang dapat menunjang proyek menjadi lebih efisien
dan ekonomis
Staff
Keuangan = Membuat,
memeriksa, mengendalikan pengeluaran yang berkaitan dengan arsip faktur, nota
supplier, tagihan dll
Staff
Proyek = Menjaga
serta merawat alat-alat yang digunakan untuk mengerjakan proyek
8.
SIM yang telah maju tidaknya hanya menggunakannya untuk fungsi tata usaha akan
tetapi digunakan untuk memberikan bantuan dalam proses pengambilan keputusan.
Jelaskan maksud statemen tersebut!
Maksudnya adalah SIM bisa melakukan
pengolahan data yang sesuai prosedur di dalam organisasi. Baik untuk data yang
seperti intern ataupun ekstern. Hal ini dapat mempermudah proses pengambilan
keputusan dalam mencapai tujuan di organisasi. SIM dapat memberikan laporan
data yang cermat, tepat waktu dan perencanaan dalam analisis pengorganisasian
dan pengendalian manajemen untuk mengoptimalkan perkembangan organisasi.
9. Jelaskan mengapa
suatu sistem manajemen database diciptakan dalam organisasi publik!Sistem
manajemen database berperan penting dalam organisasi suatu publik. Salah
satunya adalah membantu dalam proses pengambilan keputusan. Banyaknya masalah
dalam bidang sistem informasi yang digunakan dalam pelayanan publik adalah
salah satu permasalahan dalam sistem manajemen database itu sendiri.
Hal ini menjadikan sistem
manajemen database bisa mengelola data serta informasi yang aman dan efisien.
Termasuk aspek pelayanan dan pengendalian. Juga dapat menjaga data-data penting
yang ada di dalam organisasi tersebut.
10. Jelaskan manfaat penggunaan struktur data yang tepat
dan penciptaan sistem manajemen database!
a) Integrasi Data
= Struktur data logis yang bisa disesuaikan dengan sasaran juga bentuk
layanan organisasi
b) Aksesibilitas
Data = Kemudahan user dalam memperoleh data informasi dalam
database.
c) Kontrol Atas Data =
Kelebihan data akan terhindar karena sumber-sumber data dikendalikan oleh
suatu program
d) Kemudahan Pengembangan = Memudahkan manajer dalam melakukan pengembangan struktur,
organisasi atau lokasi sebuah file
e) Keamanan
Data = Melindungi dari akses data yang tidak layak/tidak sah.
Serta mengontrol fungsi keamanan data
a) Akses berurutan = Ini adalah cara penyimpanan data atau pencarian data secara satu persatu
b) Akses
langsung = Akses ini merupakan akses yang memerlukan sebuah alamat
untuk memunculkan tampilan lokasi data
c) Akses
berindeks = Cara ini merupakan akses yang diberi file dengan indeks
dengan table-tabel petak data kunci. Yang menyediakan alamat file data dalam
rekaman data dalam file
12. Jelaskan pengertian komunikasi
data dan mengapa komunikasi data penting dalam SIM!Menurut saya, komunikasi data merupakan
bagian penting dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan
pemindahan data dan informasi dari komputer satu ke komputer lainnya.
Komunikasi dapat dikatakan penting karena merupakan sesuatu yang vital yang
bisa disajikan dalam isyarat digital
13. Sebutkan dan jelaskan 5 perangkat komunikasi data
yang anda ketahui!
a) Komputer = Perangkat
komunikasi data yang dapat mengolah data yang datang secara cepat dalam sistem
real-timeb) Modem = Perangkat yang dapat mengubah biner menjadi analog. Yang memerlukan demodulasi dalam komunikasi yang dipasang pemancar dan penerima
c) Multiplexer = Penggabungan 2 sinyal atau lebih untuk disalurkan ke satu saluran komunikasi data sehingga terjadi efisiensi penggunaan saluran komunikasi.
d) Concentrator = Perangkat komunikasi data yang dapat membebaskan saluran komunikasi dari arus lalu lintas yang menganggu atau kurang bermanfaat
e) Terminal = Perangkat komunikasi data yang dapat melakukan proses input dan output.
a) Topologi Bus = Pada topologi Bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan
Kelebihan:
Hemat kabel
Layout kabel sederhana
Kekurangan:
Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
Kepadatan lalu lintas pada jalur utama
Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
Kepadatan lalu lintas pada jalur utama
b) Topologi Star =
Dalam topologi ini, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke
server atau HUB. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan
adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau
lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan
meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan
Kelebihan:
Paling fleksibel
Paling fleksibel
Pemasangan/perubahan stasiun sangat
mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
Kontrol terpusat
Kekurangan:
Boros kabel
Boros kabel
Perlu penanganan khusus
c) Topologi Ring = Dalam topologi Ring
semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola
lingkaran atau cincin. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan
melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamat-alamat
yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan
dilewatkan.
Kelebihan:
Tidak terjadi tabrakan pengiriman data
Tidak terjadi tabrakan pengiriman data
Hemat kabel
Kekurangan:
Penambahan komputer baru lebih sulit
Peka terhadap kesalahan
Penambahan komputer baru lebih sulit
Peka terhadap kesalahan
d) Topologi Tree = Seperti
halnya Topologi Star, perangkat (node, device) yang ada pada topologi tree juga
terhubung kepada sebuah pusat pengendali (central HUB) yang berfungsi mengatur
traffic di dalam jaringan
Kelebihan:
Semua data perusahaan dapat terpusat menjadi satu area kerja
Semua data perusahaan dapat terpusat menjadi satu area kerja
Kekurangan:
Dapat terjadi tabrakan file data
Dapat terjadi tabrakan file data
15. Jelaskan macam-macam metode
komunikasi data dan contohnya!
Simplex = Metode komunikasi yang tidak memungkinkan penerima
dan pengirim dapat saling bertukar informasi saja. Sinyal-sinyal yang dikirim
hanya satu arah dalam satu waktu. Metode komunikasi kurang terjadi secara
interaktif
Duplex =
Komunikasi data dengan dua arah. Penerima dan pengirim dapat saling
berinteraksi untuk menukar infomasi. Metode duplex terbagi dua, yaitu: Half-Duplex (dua arah secara bergantian) dan Full-Duplex
(dua arah secara bersamaan)
0 komentar